√ Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Kecil Pecah Hilang « KlikBuzz

Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Kecil Pecah Hilang

Salah satu komponen yang memiliki peranan penting pada sebuah laptop adalah speaker. Ketika speaker mengalami kerusakan, tentunya Anda tidak bisa menikmati beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan menggunakan laptop, misalnya belajar daring, editing video, dan bermain game. Terkadang kerusakan yang terjadi pada speaker laptop ditandai dengan suara speaker laptop kecil pecah hilang bahkan mati.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

Hal ini tentunya akan cukup membuat pendengaran menjadi tidak nyaman, terlebih jika Anda memang sangat intens melakukan berbagai aktivitas harian menggunakan laptop.

Untuk itu, Anda membutuhkan solusi agar suara speaker laptop kecil, pecah, dan hilang bisa diatasi agar kembali normal. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan speaker tersebut, beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Terlalu sering digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Sering menyetel volume speaker dengan suara maksimum.
  • Speaker penuh dengan debu dan kotoran.
  • Menjadi tempat sarang semut.

Jadi, jika saat ini speaker Anda masih bekerja dengan normal. Anda sebaiknya disarankan untuk memperhatikan bagian speaker laptop agar tetap bersih dari debu ataupun benda yang biasanya bisa masuk. Namun jika sudah terlanjur bermasalah, Anda tinggal menyimak pembahasan kali ini.

Cara mengatasi suara speaker laptop kecil pecah hilang

Speaker yang hanya mengeluarkan suara kecil biasanya terjadi tidak hanya karena adanya masalah pada bagian hardware. Tentunya hal ini bisa terjadi karena setting yang kurang tepat pada pengaturan suara di laptop. Sehingga membuat suara speaker menjadi tidak terdengar dengan jelas.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan beberapa cara. Jika masalah speaker muncul karena adanya kesalahan pengaturan pada suara laptop, maka Anda hanya perlu memperbaiki pengaturannya saja agar bisa normal kembali. Berikut ini cara yang harus dilakukan

  • Silahkan buka terlebih dahulu Sound Settings menggunakan pencarian Windows, lalu klik Open.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

  • Nantinya jendela Settings akan berada pada opsi Sound.
  • Silahkan gulir ke bawah sehingga Anda menemukan Sound Control Panel.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

  • Anda akan melihat jendela Sound terbuka. Lanjut dengan klik kanan pada bagian speakers dan pilih Properties.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

  • Lalu, muncul jendela Speaker properties. Arahkan ke tab Enhancements dan silahkan centang pada bagian Disable all sound effects, kemudian klik OK.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

  • Setelah itu, proses selesai dilakukan. Anda tinggal cek kembali apakah speaker sudah berfungsi normal kembali.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Cara Mengatasi Suara Speaker Pecah

Jika suara speaker laptop kecil pecah hilang, Anda bisa menggunakan cara mengatasi suara speaker pecah dengan menggunakan lem atau double tape. Selain bisa Anda beli dengan harga murah, ternyata ini adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk dilakukan.

1. Menggunakan Double Tape

Double tape adalah salah satu alat yang digunakan untuk merekatkan sesuatu. Sifat perekat double tape tidak permanen, sehingga jika nantinya ingin dilepas Anda akan mudah untuk melepasnya.

Untuk mengetahui bagaimana detail penggunaan double tape untuk memperbaiki speaker yang pecah, simak langkahnya berikut ini.

  • Tentukan terlebih dahulu dimana bagian speaker yang mengalami suara pecah.
  • Lanjut dengan membuka penutup speaker laptop.
  • Sediakan double tape sesuai kebutuhan, jangan terlalu lebar atau kecil.
  • Nah, hasil potongan tersebut tinggal Anda tempelkan pada bagian membran speaker.
  • Setelah itu, silahkan coba untuk gunakan speakernya kembali apakah sudah normal atau belum.

2. Menggunakan Lem

Cara ini hampir sama dengan cara yang digunakan pada saat menggunakan double tape. Hanya saja, untuk bahan yang digunakan kali ini adalah lem. Untuk mengatasi speaker pecah ini dibutuhkan ketelitian. Karena jika tidak berhati-hati speaker laptop Anda sudah tidak bisa digunakan lagi.

Berikut cara penggunaan lem untuk mengatasi suara speaker yang pecah.

  • Siapkan terlebih dahulu lem yang akan digunakan, misalnya lem castol ataupun lem lain yang memiliki kelenturan dan kekentalan bagus.
  • Lanjut dengan membuka bagian penutup speaker, kemudian lem pada bagian membran area speaker.
  • Tuangkan lem dengan sangat hati-hati, sesuaikan dengan dudukkan speaker.
  • Jika sudah, silahkan pasang kembali penutup speaker dan gunakan speaker untuk melihat apakah suara yang dihasilkannya sudah normal dan tidak pecah lagi.

Cara Mengatasi Suara Speaker Hilang

Speaker yang digunakan pada laptop umumnya ada dua yakni sebelah kanan dan kiri. Oleh karena itu, jika suara laptop hilang silahkan cek terlebih dahulu bagian speaker mana yang tidak berfungsi. Dengan mengetahui speaker mana yang suaranya hilang Anda akan lebih mudah melakukan perbaikan.

Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10 silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  • Klik kanan pada ikon speaker yang letaknya di bagian sebelah kanan bawah.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

  • Pilih Open Volume Mixer.
  • Setelah itu, klik bagian ikon speaker.
  • Nantinya jendela Speaker Properties akan terbuka.
  • Lalu, klik tab Levels > Klik Balance > Atur volume L & R > Klik OK.
  • Untuk mengecek bagian mana yang rusak Anda tinggal menghilangkan terlebih dahulu volume speaker salah satu bagian baik kiri atau kanan. Lalu cek mana yang bermasalah.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

  • Bagian ini Anda tinggal atur sendiri, biasanya salah satu speaker kehilangan suara karena volume di bagian ini memang diatur hanya satu yang volume normal.
  • Setelah Anda mengatur volume speaker kanan dan kiri diharapkan suara laptop sudah terdengar dengan normal.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing

Cara Mengatasi Suara Speaker Mati

Ada beberapa cara mengatasi suara speaker mati, diantaranya karena masalah pengaturan dan driver yang bermasalah. Berikut cara untuk mengatasinya.

1. Instal Ulang Driver Sound Speaker

Setiap speaker yang tidak menyala, terlebih jika laptop baru diinstal ulang. Biasanya Anda akan mendapati suaranya tidak berfungsi. Jika Anda mengalami hal ini, jangan langsung panik karena biasanya hal ini dipengaruhi oleh driver yang belum terpasang atau driver yang mengalami masalah. Anda tinggal menginstal driver sound atau mengupdate driver ke versi terbaru untuk mengatasi hal ini.

2. Mengecek Pengaturan Default Speaker

Secara bawaan suara yang dihasilkan laptop akan diatur secara manual untuk dikeluarkan ke bagian speaker. Biasanya hal ini ditAndai dengan tAnda centang hijau yang ada pada jendela Sound. Akan tetapi, biasanya pengaturan ini mengalami perubahan karena ada headphone/headset yang terhubung ke laptop.

Untuk memastikan jika pengaturan bawaan tersebut tidak berubah, silahkan ikuti langkah dibawah.

  • Buka Control Panel, lalu pilih opsi Hardware and Sound.
  • Setelah itu, masuk ke Sound.
  • Pada jendela Sound yang terbuka Anda tinggal mengatur centang hijau berada di Speaker.

suara speaker laptop kecil pecah hilang

3. Cek Volume Speaker

Suara speaker yang tidak terdengar atau mati juga biasanya terjadi karena sound terlalu kecil atau di mute. Untuk mengatasinya Anda tinggal menambah volume speaker dengan cara klik pada bagian ikon suara dan mengatur ke volume yang diinginkan atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol tertentu misalnya Fn + ikon speaker (Untuk menambah suara biasanya digunakan tombol arah panah ke atas)

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara mengatasi suara speaker laptop kecil pecah hilang yang bisa digunakan. Anda tinggal memilih speaker Anda mengalami masalah apa dan gunakan solusi yang sudah diberikan. Untuk Anda yang masih memiliki pertanyaan terkait pembahasan kali ini, silahkan tinggalkan komentarnya dibawah.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Hotspot di Laptop

Mengapa suara laptop kecil?

Biasanya ketika suara laptop kecil, volume laptop mungkin berada pada level terbawah. Untuk itu, Anda hanya perlu menambah volumenyaa saja.

Mengapa laptop tidak ada suara?

Suara laptop yang tidak ada, biasanya karena posisi volume laptop yang diatur dalam keadaan mute.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan di bookmark ya.

Add a Comment