Kunci Sukses Bisnis Tanaman Hias yang Perlu Anda Ketahui « KlikBuzz
Wordpress Tutorial !Dapatkan Panduan Wordpress Lengkap Di sini

Kunci Sukses Bisnis Tanaman Hias yang Perlu Anda Ketahui

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hijaunya bisnis tanaman hias. Bagi orang yang hobi berkebun pasti sudah tidak asing lagi dengan aneka jenis tanaman hias, oleh karena itu akan mudah jika mau terjun menekuni bisnis tanaman hias.

bisnis tanaman hias

Menilik Hijaunya Bisnis Tanaman Hias

bisnis tanaman hias

Lantas seberapa hijaunya sih berbisnis tanaman hias itu, jika dihitung-hitung maka bisnis tanaman hias ini rata-rata akan sudah dapat balik modal dalam jangka waktu 3 bulan saja. Mulai dari modal awal berupa lahan tanahnya, penyediaan aneka potnya, juga selang dan peralatan tanam lainnya serta pupuk dan lain sebagainya, hingga biaya tetap dan biaya operasionalnya juga biaya bibit tanamannya maka akan diperlukan dana sekitar sembilan jutaan Rupiah dengan potensi keuntungan bisnis sekitar tiga jutaan Rupiah per bulannya, maka dalam waktu tiga bulan sudah akan bisa balik modal.

Baca juga: 6 Ide Franchise Bisnis untuk Wanita yang Sangat Menguntungkan

Kunci Sukses Bisnis Tanaman Hias

Yang diperlukan selain modal uang adalah modal pengetahuan dan hobi. Pengetahuan mengenai aneka jenis tanaman hias dan cara perawatannya akan sangat menunjang pada bisnis di bidang tanaman hias ini, dan jika bisnis tanaman hias ini dilakukan sebagai suatu hobi, sebagai passion Anda, maka Anda akan menjalani bisnis ini dengan suka hati dan penuh antusias kegembiraan dan tanpa keterpaksaan. Sehingga bisnis ini akan dapat berjalan dan bertahan lama, tidak hanya sesaat bersifat musiman saja.

Baca juga: 25 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 2 Jutaan

Meski bisnis tanaman hias adalah bisnis yang potensial namun diperlukan penguasaan keahlian dan teknologinya juga supaya bisnis tanaman hias ini dapat berkembang pesat dan berhasil mendatangkan keuntungan yang signifikan. Persiapan yang matang perlu dilakukan. Selain itu juga penting adanya lokasi penjualan dan display tanaman hias yang strategis, untuk memajang jualan tanaman hias Anda. Keberadaan lokasi pajang yang strategis ini bisa jadi akan sangat menentukan keberhasilan Anda dalam melakukan bisnis tanaman hias ini, namun di jaman canggih seperti saat ini maka kendala dalam hal ini dapat diatasi jika Anda melakukan bisnis tanaman hias ini secara online. Ya, mengapa tidak. Karena dengan pemasaran secara online maka akan memperluas pasar. Tentu beda karakteristik bisnis tanaman hias secara online dibanding bisnis tanaman hias secara langsung tatap muka, face to face, juga harus diperhatikan.

Dalam bisnis online biaya kirim menjadi tantangan tersendiri, sehingga pilihlah pada penjualan bibit tanaman hiasnya atau menjual tanaman hias yang pendek dan ringan sehingga tidak akan memakan biaya pengiriman yang terlalu mahal, atau bahkan jatuhnya menjadi lebih mahal ongkos kirimnya daripada harga tanaman hiasnya. Selain beberapa faktor tersebut perhatikan juga pada jenis tanaman hias yang Anda minati dan Anda kuasai pengetahuannya, tak ada salahnya jika Anda ingin fokus berbisnis pada beberapa jenis tanaman hias saja, seperti berbisnis khusus tanaman bonsai saja misalnya, atau khusus hanya menjual bibit dan tanaman mawar saja misalnya  atau anggrek saja misalnya dan lain sebagainya yang Anda suka.

Baca juga: 5 Tips Sukses Bisnis Kuliner untuk Hindari Kegagalan

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang hijaunya bisnis tanaman hias. Semoga bermanfaat ya.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan di bookmark ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *