Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress.com: Panduan Langkah(Pemula)
Wordpress Tutorial !Dapatkan Panduan Wordpress Lengkap Di sini

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com

Blog dan blogging adalah sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan ketika anda sampai di artikel saya kali ini, itu artinya anda ingin menjadi seorang blogger.

cara membuat blog gratis wordpress

Ketika ingin memulai sebuah blog, banyak sekali calon blogger yang berpikir dua kali untuk langsung menggunakan platform berbayar seperti WordPress.org.

Selain karena masih belum mengerti seluk-beluk blogging, banyak juga calon blogger yang hanya iseng-iseng membuat blog untuk sharing dan berbagi pengalaman mereka.

Untuk membuat blog gratis, sebenarnya kita bisa menggunakan banyak sekali platform seperti WordPress, Blogger, Weebly, Jigsy, Webs dan berbagai platform gratis lainnya.

Namun karena Blogger dan WordPress adalah platform blogging yang paling populer digunakan di seluruh dunia, maka saya akan membahas bagaimana cara membuat blog gratis di kedua platform tersebut.

Setelah sebelumnya membahas tentang panduan cara membuat blog gratis di Blogger.com, saya akan menulis tentang panduan yang sama tentang cara membuat blog gratis namun kali ini untuk WordPress.com.

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com

  1. Pertama-tama silakan kunjungi situs WordPress lewat browser anda, atau klik URL wordpress.com.
  2. Setelah halaman awal WordPress seperti di bawah ini muncul, klik tombol Get Started.

    cara membuat blog gratis
    Cara membuat blog gratis di WordPress.com
  3. Anda diharuskan untuk membuat akun WordPress terlebih dahulu sebelum bisa membuat blog gratis.
  4. Setelah berhasil membuat akun WordPress, anda akan diantar ke halaman seperti di bawah ini. Pilih jenis website yang ingin anda bangun.
    cara membuat blog
    Membuat blog di WordPress.com

    Dalam tutorial ini, saya akan memilih jenis website ‘blog’. Anda bisa menyesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan anda.

  5. Anda diminta untuk memilih topik blog. Ada beberapa pilihan topik blog populer yang disediakan oleh WordPress seperti: food, travel, film, photography, local, people, sport. Pilih salah satu topik blog yang ingin anda bangun. WordPress akan membantu anda untuk menambahkan konten yang relevan untuk membantu kita memulai blog.
    cara membuat blog pribadi
    Pilih topik blog di WordPress.com

    Setelah selesai, klik tombol Continue.

  6. Anda akan dibawa ke halaman untuk mengisi nama blog anda. Isi dengan nama yang menarik, brand dan catchy terutama jika anda berencana untuk menggunakan domain .com di kemudian hari.

    panduan membuat blog
    Masukkan alamat URL blog di WordPress.com
  7. Setelah memasukkan nama blog anda, anda diberikan pilihan untuk menggunakan domain berbayar ataupun domain gratis yang sudah disediakan langsung oleh WordPress.com. Khusus untuk panduan ini, saya akan memilih yang gratisan terlebih dahulu. Anda dapat menyesuaikan pilihan anda sesuai kebutuhan.
  8. Jika anda memilih memulai blog gratisan maka klik tombol Start with a free site di bagian atas browser anda.
  9. Selamat, anda telah berhasil membuat blog gratis menggunakan WordPress.com.

    membuat blog gratis
    Tampilan awal blog di WordPress.com

Setelah berhasil membuat blog gratis di WordPress.com, anda dapat membuat artikel pertama anda, mengatur tema dan widget WordPress dan mengeksplor seluruh fitur yang terdapat pada blog gratis anda. Ingat, blog gratis di WordPress.com memiliki banyak keterbatasan fitur bila dibandingkan dengan blog berbayar atau biasa disebut WordPress self-hosted. Jika anda ingin mendapatkan fitur lebih banyak dan ingin mengontrol secara penuh blog ataupun website anda, silakan pertimbangkan untuk menggunakan WordPress self-hosted.

Baca juga: Mengapa Saya Ngeblog?

Kelebihan dan kekurangan blog gratis

Blog gratis seperti WordPress.com dan Blogger.com sangat bermanfaat bagi blogger pemula untuk belajar bagaimana membuat blog yang baik dan menuangkan pikiran ke dalam kata-kata di dalam sebuah blog.

Jelas bahwa layanan gratis ini tidak sama dengan layanan berbayar sehingga memiliki beberapa kelemahan. Pasti anda sudah menyadarinya bahwa kelemahan yang paling terlihat adalah adanya ekstensi WordPress.com di bagian belakang domain. Hal ini sama sekali tidak menarik bagi anda yang ingin menjadikan blog sebagai bisnis. Mengapa? Karena dengan adanya ekstensi WordPress.com di belakang domain anda membuat nama bisnis anda menjadi kurang bisa dipercaya.

Bisa saja orang-orang yang berniat menipu menggunakan domain yang sama. Mudah saja, mereka tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membangun bisnis palsu. Hanya dengan modal email yang bisa dibuat dengan gratis, mereka tinggal mendaftar di WordPress.com atau blogger.com dan boom, jadilah sebuah bisnis.

Kelemahan lainnya adalah, anda tidak bisa suka-suka mengganti tema WordPress anda. Tema bawaan yang disediakan oleh blog gratis WordPress mengandung merk WordPress di bagian bawah situs. Sedangkan bila anda menggunakan blog berbayar, anda dapat menggunakan tema anda sendiri yang bebas dari merk WordPress. Selain itu, anda juga memiliki nama domain yang lebih pendek tanpa ada embel-embel WordPress.com di belakang domain anda.

Masih banyak kelemahan-kelemahan lain seperti terbatasnya ukuran server anda sehingga tidak dapat meng-upload media dalam jumlah besar, dan apabila blog anda memiliki banyak pengunjung, bisa saja terjadi crash karena bandwidth yang disediakan oleh blog gratisan WordPress sangat terbatas.

Oleh karena itu, bila anda ingin memiliki blog atau website yang benar-benar bisa anda kostumisasi, dapat menggunakan tema anda sendiri tanpa ada merk WordPress di bagian bawah situs dan dapat dipercaya oleh klien anda, maka sudah saatnya anda mempertimbangkan untuk pindah dari blog gratis ke WordPress self-hosted. Download file WordPress-nya di WordPress.org dan instal di hosting anda sendiri. Dengan menggunakan WordPress self-hosted, blog anda sepenuhnya menjadi milik anda.

Jadi apakah menggunakan blog gratis adalah pilihan yang tepat?

Tergantung konteksnya. Jika anda baru dalam dunia blogging, blog gratis adalah pilihan yang sangat tepat karena anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memiliki sebuah blog.

Namun, jika anda ingin memiliki sebuah blog ataupun website dan menjadikannya sebuah bisnis maka anda perlu mempertimbangkan WordPress self-hosted sebagai pilihan. Kemudahan kostumisasi dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkannya dapat membuat bisnis anda lebih terpercaya dan dapat menarik perhatian calon klien anda untuk membeli ataupun menggunakan barang dan jasa anda.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan di bookmark ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *