√ Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen « KlikBuzz
Blogging Tutorial !Dapatkan panduan blogging lengkap di sini

Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Banyak orang ingin mengetahui cara menghapus akun Gmail secara permanen karena banyak alasan. Salah satunya karena salah membuat akun Gmail. Salah nama, salah ketik, dan berbagai salah lainnya. Selain itu, juga biasanya karena akun lama memiliki username yang alay dan ingin membuat username yang lebih profesional.

Menghapus akun Gmail permanen sebenarnya sangat gampang dilakukan karena Google sudah menyediakan step-by-step yang bisa anda ikuti. tinggal klak-klik saja dan dalam waktu kurang dari 10 menit anda sudah mendapati akun Gmail anda terhapus.

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu anda menghapus akun Gmail anda secara permanen dengan mudah dalam waktu singkat.

1. Anda Perlu Tahu Sebelum Menghapus Akun Gmail

Menghapus akun Google dan menghapus akun Gmail adalah dua hal yang berbeda. Menghapus akun Google akan menghapus seluruh layanan Google pada akun anda. Sedangkan jika anda menghapus akun Gmail, anda tetap dapat menggunakan layanan Google lainnya.

Penting untuk diketahui bahwa setelah menghapus akun Gmail, maka anda semua email dan account settings akan terhapus selamanya. Anda tidak lagi dapat menggunakan alamat Gmail anda untuk mengirim dan menerima email. Selain itu, alamat email yang anda hapus tersebut tidak akan dapat digunakan lagi oleh anda dan juga siapapun di kemudian hari.

Jadi, apabila anda memutuskan untuk menghapus akun Google anda, maka semua layanan Google yang terkait dengan akun anda seperti Gmail, Google Sheets, Google Photos, Google Drive beserta dengan data-datanya juga akan terhapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan kembali. Sedangkan jika anda menghapus akun Gmail, hanya Gmail saja yang terhapus sedangkan layanan lain masih tetap dapat gunakan.

Sebelum masuk ke step-by-stepnya dan lebih jelas dengan segala resikonya, anda dapat membacanya di Google terkait dengan menghapus akun.

2. Backup Data

Backup data adalah optional. Jika anda memiliki data-data penting, maka backup data wajib dilakukan. Jika tidak ada data penting, anda bisa langsung menghapus akun Gmail anda.

Untuk anda yang ingin backup data, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke halaman Google Account. Jika belum login, silakan login terlebih dahulu.cara menghapus akun gmail
  2. Klik Data & personalisasi lalu pilih Download data Anda.cara menghapus akun gmail
  3. Pilih data yang akan dibackup. Google sudah mencentang semua data anda secara default. Anda dapat memilih data yang akan dibackup sesuai kebutuhan. Jika sudah, silakan klik Langkah berikutnya.cara menghapus akun gmail
  4. Pilih jenis backup yang anda inginkan. Google menyediakan beberapa Metode pengiriman seperti:
    • Kirim link download melalui email
    • Tambahkan ke Drive
    • Tambahkan ke Dropbox
    • Tambahkan ke OneDrive
    • Tambahkan ke Box

    Anda juga dapat memilih jenis file backup yang diinginkan dan juga split file apabila melebihi size tertentu. Saran saya, pilihlah metode Kirim link download melalui email dan biarkan setting lainnya default. Setelah selesai, silakan klik Buat ekspor.cara menghapus akun gmail

Tunggu prosesnya hingga selesai dan anda akan menerima email download file backup tersebut. Perlu diketahui bahwa lama tidaknya proses tersebut tergantung dari besarnya data yang anda backup. Semakin besar size file yang anda backup, maka prosesnya akan semakin lama.

3. Step-by-step Menghapus Akun Gmail

Cara menghapus akun Gmail baik di komputer maupun di Android sebenarnya sama. Anda hanya membutuhkan browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, ataupun browser lain (bebas).

Jika semua persiapan sudah dilakukan. silakan ikuti step-by-step menghapus akun Gmail di bawah ini.

  1. Masuk ke halaman Google Account. Jika belum login, silakan login terlebih dahulu.
  2. Klik Data & personalisasi lalu pilih Hapus layanan atau akun Anda.cara menghapus akun gmail
  3. Karena hanya akan menghapus Gmail, silakan pilih Hapus layanan dan pilih icon tong sampah di sebelah logo Gmail. Jika ingin menghapus akun Google anda secara permanen, silakan pilih Hapus akun Anda.
  4. cara menghapus akun gmail
  5. Selesai.

Demikian cara menghapus akun Gmail paling mudah. Jika anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik, maka anda sudah berhasil menghapus akun Gmail milik Anda.

Selamat mencoba.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan di bookmark ya.