Cara Mudah Backup Blog WordPress (Manual dan Otomatis) « KlikBuzz
Wordpress Tutorial !Dapatkan Panduan Wordpress Lengkap Di sini

Cara Mudah Backup Blog WordPress (Manual dan Otomatis)

Ada beberapa cara mudah backup blog WordPress yang bisa dilakukan baik itu dilakukan secara manual ataupun secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu menerapkan cara rumit yang membutuhkan waktu lama melalui Cpanel atau panel server yang tersedia di layanan hosting. Nah, berikut ini akan dijelaskan sejumlah cara untuk memudahkan Anda melakukan backup blog pada WordPress.

cara mudah membuat backup blog wordpress manual dan otomatis

Cara Mudah Backup Blog WordPress secara Manual

Melakukan backup blog WordPress secara manual caranya terbilang sangat mudah yaitu dengan cara menambahkan plugin dari pihak ketiga. Tidak perlu khawatir sebab plugin yang tersedia di WordPress.org itu bisa Anda gunakan secara gratis tanpa biaya. Untuk mulai menerapkan cara mudah backup blog WordPress secara manual dengan menambahkan plugin, maka Anda perlu menyimak panduan berikut ini.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan login ke dashboard WordPress Anda

2. Kemudian lanjutkan dengan mengklik Add New di menu Plugin

3. Setelah itu cari plugin tambahan yang dibutuhkan caranya dengan mengetikkan nama plugin tersebut. Plugin yang Anda butuhkan untuk memudahkan Anda melakukan backup WordPress adalah, UpdraftPlus sehingga Anda perlu mengetikkan nama plugin tersebut di kolom pencarian.

4. Setelah Anda menemukan plugin yang Anda cari, maka tambahkan/install plugin tersebut lalu aktifkan.

5. Kemudian, setelah Anda mengaktifkan plugin, Anda akan langsung melihat tampilan pop up “UpDraftPlus Settings”. Jika Anda melihat pop up seperti itu, langsung klik “Press Here to Start”.

6. Lalu, saatnya Anda mulai melakukan backup blog WordPress secara manual dengan cara seperti berikut ini:

7. Klik tombol “Cadangkan Sekarang”

8. Selanjutnya akan muncul lagi pop up dari plugin UpdraftPlus

9. Jika Anda melihat pop up tersebut, maka langsung beri tanda centang pada salah satu atau keduanya sekaligus, yaitu database dan juga files

10. Selanjutnya, klik lagi tombol “Cadangkan Sekarang”

11. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu proses backup selesai. Perlu diketahui, bahwa proses backup akan terus berjalan walau browser ditutup.

Cara Mudah Backup Blog WordPress secara Otomatis

Setelah mengetahui cara melakukan backup blog WordPress secara manual, kini saatnya Anda mempelajari cara mudah backup blog WordPress secara otomatis. Berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah agar Anda bisa lebih mudah melakukan backup blog WordPress secara otomatis:

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengklik menu tab pengaturan yang tersedia di menu UpdraftPlus.

cara mudah membuat backup blog wordpress manual dan otomatis

2. Kemudian setelah itu pilih waktu yang akan Anda gunakan untuk melakukan backup otomatis, ada beberapa opsi untuk menentukan kapan backup blog WordPress akan berjalan secara otomatis, opsi maksimal satu bulan sekali.

cara mudah membuat backup blog wordpress manual dan otomatis

3. Perlu diketahui, untuk sementara sebaiknya Anda tidak menggunakan add on penyimpanan cloud, sebaiknya Anda gunakan server Anda sendiri saja.

cara mudah membuat backup blog wordpress manual dan otomatis

4. Bukan hanya itu saja, cara backup otomatis ini juga membuat Anda bisa menentukan sendiri jenis files yang akan Anda backup oleh plugin. Pilihannya juga tersedia di menu tersebut.

5. Selain itu, Anda juga jangan lupa untuk memberi tanda centang pada pilihan email, agar Anda bisa terus melakukan peninjauan terhadap perkembangan backup yang sedang dijalankan oleh sistem backup otomatis tersebut.

cara mudah membuat backup blog wordpress manual dan otomatis

6. Selanjutnya, direktori pencadangan ini akan membuat Anda semakin mudah dalam menemukan berkas backup yang ada di file explorer Cpanel. Untuk memudahkan Anda mengingat foldernya, Anda juga bisa memberikan nama lain, setelah itu klik saja tombol “Simpan Perubahan”.

cara mudah membuat backup blog wordpress manual dan otomatis

7. Jika proses backup telah selesai dilakukan, maka Anda akan bisa melihat daftar backup yang telah dibuat baik itu yang lewat menu UpdraftPlus, email dan juga file explorer yang tersedia di Cpanel.

cara mudah membuat backup blog wordpress manual dan otomatis

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan di bookmark ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *