√ Taman Rumah Minimalis Modern 2020 « KlikBuzz

Taman Rumah Minimalis Modern 2020

Taman Rumah Minimalis Modern 2020 – Konsep taman rumah minimalis kini tengah digandrungi masyarakat perkotaan. Taman bergaya minimalis ini dianggap lebih sederhana namun tetap asri dan mendukung untuk menciptakan suasana rumah yang hijau. Untuk sebuah taman minimalis yang cenderung berada di lahan terbatas dan sempit, tak semua jenis tanaman dan ornamen dapat diletakkan.

Taman Rumah Minimalis Modern 2020

Jika kita salah memilih, lahan yang sudah sempit akan terlihat semakin sempit dan justru bisa berkesan sumpek. Berangkat dari lahan yang terbatas, biasanya memiliki sisa lahan lebih kurang enam meter persegi namun dengan terbatasnya lahan, kita tentu ingin taman minimalis ini di tata seoptimal mungkin.

Taman Minimalis Modern

Ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan dalam membuat taman rumah minimalis. Bangunan gaya minimalis sendiri umumnya bertingkat dan berbentuk kotak geometris. Meski terkesan memberi nuansa tegas dan kaku, kehadiran taman minimalis bisa mengurangi kesan kaku tersebut. Untuk membuat taman sepatutnya menonjolkan aksen alami natural dengan material yang tidak terlalu banyak terutama jika rumah memiliki jendela ukuran besar.

Perhatikan aspek kesehatan dan kenyamanan seluruh penghuni rumah karena dengan hunian yang terbatas dibutuhkan pasokan oksigen yang tak sedikit. Adapun, kebutuhan akan oksigen dapat diperoleh melalui proses fotosintesis tanaman hijau. Oksigen tidak hanya didapatkan dari tanaman hijau namun juga bisa diperoleh dari unsur air. Oleh sebab itu, air terjun buatan atau pancuran dan tanaman hias merupakan langkah solusi yang tepat untuk rumah minimalis.

Lantas dimana sebaiknya taman minimalis dibuat? Tentu taman minimalis fleksibel. Kita bisa menempatkan di depan rumah, belakang rumah, pojok, samping rumah yang mungkin terintegrasi dengan ruang makan atau ruang keluarga, bahkan innercourt (taman didalam rumah). Disini kita bisa memadukan tanaman dan air di taman minimalis tersebut.

Taman Minimalis Modern 2020

Apabila ingin menempatkan taman di belakang rumah, dianjurkan untuk membuat desain yang lebih sederhana. Hindari bentuk yang menyerupai gunung karena akan membuat kesan yang sempit. Atau bisa pula memilih rumput kecil dan halus seperti rumput peking.

taman rumah minimalis

Sementara lain halnya dengan taman minimalis yang hadir di dalam rumah. Tanaman jenis palem-paleman sangat cocok untuk innercourt ini.  Seperti Dracena Fragrans berdaun hijau dengan sedikit serabut kuning yang tentunya bisa menjadi pilihan.

taman rumah minimalis

Banyak jenis tanaman yang sebenarnya cocok untuk menghuni taman rumah minimalis. Namun kita juga harus mempertimbangkan dari segi pemeliharaan, perawatan, dan lainnya. Untuk jenis tanaman bunga juga bisa menjadi pilihan. Kembang anggrek, terompet, kemuning, melati, hingga alamanda. Bahkan anthurium juga pas untuk taman rumah minimalis.

Jika ingin tanaman yang lebih bermanfaat juga bisa menanam tanaman buah-buahan. Tapi ingat jangan sembarang tanaman buah. Sebaiknya, pilih pohon bersosok ramping dan tumbuh vertikal. Seperti srikaya, delima, pohon cermai dan lainnya. Atau tanaman cemara lilin bisa menjadi penghias taman. Atau kita juga bisa menyesuaikan dengan desain pagar rumah minimalis.

Setelah mengenal berbagai jenis tanaman untuk rumah minimalis hingga pemilihan lokasi taman rumah minimalis, secara umum manfaat taman sendiri selain mempercantik rumah juga bisa menjadikan sebuah rumah lebih sehat dan ramah lingkungan. Hal ini juga bisa menyaring polusi udara dan menjadi supply oksigen yang melimpah bagi seluruh anggota keluarga.

Baca Juga :

Di lain hal, taman juga bisa menjadi sumber inspirasi karena bukaan taman yang indah dapat memberi kesan berbeda. Dan terakhir yang perlu di ingat adalah pemeliharaan taman. Luangkan waktu setiap hari untuk memberikan air atau pupuk pada tanaman. Selain tanaman dapat segera tumbuh, kualitasnya juga akan lebih tahan lama. Bagaimana? Sudah memiliki bekal yang cukup mengenai desain taman rumah minimalis kan? Selamat mencoba!

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share dan di bookmark ya.

Add a Comment